Efek Samping dari Minum Kopi Hitam Yang Perlu Diketahui

Efek Samping dari Minum Kopi Hitam Yang Perlu Diketahui

Minum kopi hitam ternyata nggak cuma bikin kita tetap semangat, tapi juga punya manfaat dan efek samping tertentu untuk kesehatan loh. Tapi tenang aja, minum kopi hitam setiap hari biasanya aman kok dan nggak akan bikin kita menderita efek samping yang serius.

Meskipun begitu, kalau kebanyakan minum kopi hitam bisa nih bikin kita merasa sakit kepala, sering buang air kecil, atau jantung berdetak cepat. Jadi, sebaiknya kita tahu batas konsumsi kopi per hari agar tetap sehat dan nyaman. Menurut WebMD, minum kopi dalam jumlah wajar aman untuk kebanyakan orang. Tapi kalau kebanyakan, bisa bikin kita merasa nggak enak badan karena terlalu banyak kafein di tubuh.

Beberapa efek samping minum kopi yang mungkin kita rasakan, seperti sakit kepala, cemas, sakit perut, diare, sulit tidur, atau gemetaran otot. Tapi tenang aja, kalau kita sudah terbiasa minum kopi, kemungkinan nggak akan merasakan efek samping yang parah. Tapi hati-hati ya, buat yang belum terbiasa minum kopi atau sensitif terhadap kafein, mungkin bisa mengalami efek samping yang lebih serius.