Inilah Alasan Mengapa Tidur di Ubin Tanpa Alas Tidak Disarankan

Inilah Alasan Mengapa Tidur di Ubin Tanpa Alas Tidak Disarankan

Ada kepercayaan bahwa tidur di ubin tanpa alas apa pun bisa menyebabkan batuk hingga paru-paru basah. Namun, menurut dokter spesialis paru Astri Indah Prameswari dari Eka Hospital BSD, hal tersebut memang benar. Tapi sebenarnya, bukan ubin yang langsung menyebabkan paru-paru basah, melainkan kuman atau bakteri yang menempel di ubin tersebut.

“Ya, bisa saja [tidur di ubin memicu paru-paru basah]. Tapi, sebenarnya ini disebabkan oleh kuman atau bakteri yang terhirup langsung dari ubin, bukan ubinnya yang menjadi penyebab penyakit ini,” jelas Astri saat diwawancara di BSD, Tangerang, Kamis (27/6).

Menurut Astri, ubin sendiri adalah benda mati yang tidak memiliki kemampuan untuk menularkan penyakit. Namun, ubin bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman atau bakteri. Contohnya, ketika seseorang batuk sembarangan dan dropletnya tertinggal di ubin. Kemudian, orang lain berbaring di atas ubin tanpa alas. Dengan begitu, tanpa disadari, orang tersebut bisa menghirup kuman dan bakteri dari droplet orang yang batuk dan mengandung penyakit.

“Jadi, prosesnya tetap karena dihirup, terutama jika posisi tiduran sangat dekat dengan lantai dan berguling-guling, bakteri bisa dengan mudah masuk. Apalagi jika imunitas tubuh sedang lemah, bakteri akan lebih mudah berkembang biak,” tambahnya.