Bukan Mimpi Berbicara dengan Binatang Kesayanganmu Bisa Jadi Kenyataan

Bukan Mimpi! Berbicara dengan Binatang Kesayanganmu Bisa Jadi Kenyataan

Pernahkah kamu membayangkan bisa ngobrol sama hewan peliharaan di rumah? Kayak cerita fiksi di film-film gitu, kan? Tapi menurut dokter hewan Jess French, itu nggak mustahil lho. Bahkan menurut dia, kita bisa komunikasi sama hewan lebih cepat dari yang kita kira. Dan kalo beneran bisa terjadi, itu bakal jadi salah satu kemajuan teknologi paling keren dalam beberapa dekade ke depan.

Menurut kabar dari Science Focus, Minggu (30/6/2024), French bilang kita bisa komunikasi sama hewan dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). AI bakal lebih paham bahasa hewan daripada kita dengan ribuan data dan rekaman interaksi hewan yang udah dipelajari selama berjam-jam. Meskipun teknologi ini nggak bakal bisa menerjemahkan pikiran hewan jadi kata-kata manusia, tapi kita bakal bisa lebih ngerti apa yang hewan mau sampaikan tanpa perlu bantuan orang tengah.

“Kalo kita punya teknologi yang bisa bantu kita paham sinyal-sinyal dari hewan, kita bakal mulai bisa nerima pesan-pesan dari mereka,” kata French. Dan menurut dia, teknologi ini bisa banget ngebantu hewan peliharaan kita, misalnya bawa ke dokter hewan.

Karena kita udah lama hidup bareng anjing, kita udah lumayan paham gimana cara mereka komunikasi. Tapi menurut French, komunikasi yang didukung AI bisa bantu kita lebih memahami hewan lain, kayak kelinci. “Kelinci tuh pandai banget sembunyiin perasaannya biar predator nggak tau kalo mereka terluka. Jadi kemampuan buat paham apa yang terjadi pada mereka dengan cara beda bisa bermanfaat,” ujarnya.