Bebas Nyeri Punggung dengan Rutin Jalan Kaki

Bebas Nyeri Punggung dengan Rutin Jalan Kaki

Orang yang sering merasakan nyeri punggung sering kali menghindari olahraga karena takut rasa sakitnya semakin parah. Namun, kenyataannya justru sebaliknya. Menurut fakta, melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki malah dapat membantu mengurangi keluhan nyeri punggung dan juga memperkuat otot-otot yang mendukung punggung. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet menunjukkan manfaat besar dari berjalan kaki. Studi tersebut menyatakan bahwa rutin berjalan kaki dapat efektif dalam mencegah nyeri punggung kambuh.

Studi ini difokuskan pada orang dewasa yang memiliki riwayat nyeri punggung bawah. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang rajin berjalan kaki memiliki keluhan nyeri yang lebih jarang kambuh dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan hubungan positif antara aktivitas fisik dan kesehatan punggung.

Menurut dokter spesialis kesehatan tulang belakang, Hamza Khalid, banyak faktor yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah, salah satunya adalah kelemahan otot penyangga punggung. “Berjalan kaki dapat membantu menguatkan otot-otot yang mendukung tulang belakang, terutama otot inti. Kelemahan pada bagian ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan tulang belakang dan nyeri,” ujarnya.