Penjualan Smartphone Melonjak 6 5 di Q2 2024

Penjualan Smartphone Melonjak 6,5% di Q2 2024

Peningkatan pengiriman atau penjualan smartphone di seluruh dunia naik 6,5% pada kuartal kedua tahun ini, terutama berkat peningkatan penjualan Samsung Electronics dan Apple. Meskipun demikian, data dari IDC menunjukkan bahwa pemulihan permintaan belum sepenuhnya terjadi karena masih ada banyak tantangan di beberapa pasar. Meskipun begitu, pengiriman global telah meningkat selama empat kuartal berturut-turut, karena para produsen smartphone pintar semakin mengandalkan kecerdasan buatan untuk menarik konsumen yang lebih memperhatikan harga dan untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Menurut Direktur Riset Tim Pelacak Dunia IDC, Nabila Popal, ponsel pintar generasi AI diperkirakan akan menguasai 19% pasar tahun ini. Meskipun begitu, Apple dan Samsung masih mendominasi pasar karena keduanya fokus pada produk premium dan mampu mendapatkan manfaat paling besar dari tren yang sedang berlangsung. Meskipun jumlah pengiriman ke China menurun karena permintaan yang melemah, pasar perangkat yang bisa dikenakan (wearable device) tumbuh sebesar 8,8% pada kuartal pertama tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Para analis memperkirakan bahwa konsumen saat ini cenderung memilih perangkat kelas menengah dan entry-level yang lebih terjangkau daripada model premium, sehingga Harga Jual Rata-Rata (ASP) juga mengalami penurunan. Namun, dengan adanya sensor canggih yang dapat mengukur tekanan darah atau glukosa yang mulai masuk pasar, kita mungkin akan melihat model-model premium semakin populer di masa mendatang.