Ternyata Simpanse Juga Bisa Berkomunikasi Seperti Manusia

Ternyata Simpanse Juga Bisa Berkomunikasi Seperti Manusia

Penelitian terbaru baru-baru ini menarik perhatian dunia tentang kemampuan komunikasi simpanse yang menakjubkan. Para peneliti telah menemukan bahwa simpanse bisa berkomunikasi dengan cara yang mirip dengan manusia, melalui gerakan tubuh dan isyarat tangan yang kompleks.

Dalam penelitian ini, para peneliti menganalisis ribuan gerakan simpanse liar di Afrika Timur dan menemukan bahwa simpanse memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan cepat dan efisien, mirip dengan percakapan manusia. Mereka menggunakan isyarat tangan seperti “hentikan”, “ikuti saya”, atau “dandani saya” untuk berkomunikasi satu sama lain.

Para peneliti juga menemukan bahwa simpanse memiliki aturan pergantian giliran bicara yang ketat dan konsisten, mirip dengan manusia. Mereka bertanya-tanya apakah komunikasi simpanse diatur oleh aturan mereka sendiri atau mirip dengan aturan percakapan manusia.

Simpanse juga menggunakan gerakan tubuh dalam hampir semua aspek kehidupan mereka, mulai dari berdamai setelah berkelahi hingga meminta untuk berbagi makanan. Mereka bahkan menggunakan gerakan tubuh untuk menyapa satu sama lain dengan pelukan atau ciuman.