Ahli Temukan Tambang Berlian di Planet Merkurius

Ahli Temukan Tambang Berlian di Planet Merkurius

Sebuah penelitian terbaru baru-baru ini mengungkapkan bahwa Planet Merkurius, planet terkecil di tata surya kita, ternyata memiliki tambang berlian yang menakjubkan. Wah, siapa yang bisa membayangkan hal seperti itu? Berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai penemuan ini.

Para peneliti menggunakan data dari wahana antariksa MESSENGER milik NASA untuk melakukan penelitian ini. Dari data-data yang berhasil dikumpulkan, para ahli menemukan bahwa mantel Merkurius ternyata memiliki lapisan berlian setebal 10 milimeter di bawah kerak planet ini. Sungguh luar biasa!

Olivier Namur, seorang profesor di KU Leuven dan anggota tim peneliti, mengatakan bahwa temuan ini sangat menarik karena Merkurius merupakan planet yang kaya akan karbon. Oleh karena itu, mineral yang terbentuk di antara mantel dan inti planet ini adalah berlian, bukan grafit seperti yang mungkin kita bayangkan sebelumnya.

Studi baru ini juga terkait dengan penemuan mengejutkan beberapa tahun lalu, ketika para ilmuwan menemukan bahwa mantel Merkurius ternyata lebih tebal dari perkiraan sebelumnya. Hal ini membuat para peneliti langsung berpikir tentang bagaimana distribusi elemen karbon, termasuk berlian dan grafit, terjadi di dalam planet kecil ini.