Realme GT 6 Meluncur di Indonesia HP Snapdragon 8s Gen 3 Pertama

Realme GT 6 Meluncur di Indonesia, HP Snapdragon 8s Gen 3 Pertama

Pabrikan smartphone asal China, Realme, siap meluncurkan ponsel terbaru mereka, Realme GT 6, pada Kamis (20/6/2024) pukul 15.00 WIB. Smartphone ini akan dirilis secara global, termasuk di Indonesia. Salah satu fitur unggulan dari Realme GT 6 adalah penggunaan chipset Snapdragon 8s Gen 3, yang baru saja dirilis pada pertengahan Maret 2024. Ini menjadikan Realme GT 6 sebagai ponsel pertama yang menggunakan Snapdragon 8s Gen 3 di Indonesia, karena belum ada merek lain yang menggunakan chipset ini hingga saat ini.

Snapdragon 8s Gen 3 sendiri adalah versi terbaru dari Qualcomm, yang memiliki sejumlah fitur canggih termasuk dukungan kecerdasan buatan generatif on-device. Ini berarti chipset ini mampu melakukan pemrosesan AI secara langsung di perangkat tanpa perlu terhubung ke server atau cloud. Snapdragon 8s Gen 3 juga mendukung model bahasa besar seperti Llama 2, Baichuan-7B, dan Gemini Nano, dengan dukungan hingga 10 miliar parameter.

Dari segi teknis, Snapdragon 8s Gen 3 memiliki prosesor 4 nm dengan satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti performa dengan kecepatan 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya berkecepatan 2,0 GHz. Perbandingannya dengan Snapdragon 8 Gen 3 menunjukkan beberapa penurunan spesifikasi, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Snapdragon 8s Gen 3 mendukung RAM LPDDR5x 4200 hingga 24 GB, media penyimpanan UFS 4.0, USB 3.1 Gen 2, serta fitur-fitur canggih lainnya seperti triple Image Signal Processor (ISP) 18-bit untuk pemrosesan foto dan video, akselerasi ray tracing berbasis hardware, dan Wi-Fi 7.

Ponsel ini diharapkan menjadi pilihan menarik bagi konsumen di Indonesia dengan keunggulan dalam performa dan teknologi AI yang canggih, sekaligus menandai langkah maju Realme dalam merilis produk-produk inovatif untuk pasar global.

Spesifikasi Realme GT 6

Ellen Zhou, selaku Marketing Director Realme Indonesia, mengungkap sejumlah spesifikasi terkait Realme GT 6 selain chipset yang diusungnya. Ponsel ini akan dilengkapi dengan setidaknya tiga fitur kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Ketiga fitur tersebut adalah AI Night Vision Mode, AI Smart Removal, dan AI Smart Loop. Meskipun rincian detailnya belum diungkap secara spesifik, fitur-fitur ini diharapkan akan memberikan kemudahan tambahan dalam hal pemrosesan gambar pada ponsel.