Penyebab Rasa Lemas Meskipun Sudah Minum Kopi

Penyebab Rasa Lemas Meskipun Sudah Minum Kopi

Sebagai hasilnya, tubuh menjadi kurang sensitif terhadap efek kafein, yang menyebabkan diperlukan dosis kafein yang lebih tinggi untuk mencapai efek yang sama seperti sebelumnya.

Dosis maksimal kafein yang direkomendasikan adalah 400 mg per hari, setara dengan sekitar 4 cangkir kopi. Jika seseorang tidak lagi merasakan efek kafein pada batas ini, bisa jadi toleransi tubuh terhadap kafein sudah terlalu tinggi. Keadaan ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala dan insomnia.

“Mengurangi konsumsi kafein dapat membantu mengurangi toleransi terhadapnya. Ini akan membantu tubuh menjadi lebih responsif terhadap efek kafein,” kata Morgyn Clair, seorang ahli diet gizi terdaftar.

Sudah Terlalu Lelah

Kafein bukanlah obat mujarab yang dapat menyembuhkan semua rasa kantuk. Jika efek kafein yang biasanya dirasakan tidak terjadi pada tubuh, mungkin itu karena tubuh sudah sangat lelah.

“Jika seseorang merasa sangat lelah, kafein mungkin tidak memberikan bantuan yang diharapkan dan tubuh membutuhkan istirahat yang cukup,” ungkap Rhoads.

“Jika belakangan ini Anda merasa kekurangan tidur, mencoba untuk tidur lebih awal atau menggunakan teknik meditasi tidur bisa membantu,” tambahnya.