Doyan Minuman Manis Hati-Hati Bisa Picu Gagal Ginjal Lho

Doyan Minuman Manis? Hati-Hati, Bisa Picu Gagal Ginjal Lho!

Gagal ginjal adalah kondisi serius di mana ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik lagi. Ginjal bertugas menyaring limbah dan cairan berbahaya dari tubuh, namun ketika gagal ginjal terjadi, racun-racun tersebut bisa menumpuk dan berakibat fatal. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa minum minuman manis dan berwarna bisa menjadi pemicu gagal ginjal, tapi menurut dr. Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, hal ini tidak selalu benar.

Menurut dr. Tunggul, gagal ginjal kronis biasanya disebabkan oleh berbagai faktor dan bukan hanya karena satu hal saja. Proses perkembangan gagal ginjal memang berlangsung secara bertahap dan kompleks. Jadi, tidak bisa langsung menyalahkan makanan atau minuman manis sebagai penyebab utama.

Dr. Tunggul juga mengingatkan bahwa kebiasaan minum minuman manis dan berwarna tidak selalu berarti seseorang akan mengalami gagal ginjal kronis. Namun, jika minuman tersebut mengandung bahan berbahaya bagi ginjal, maka bisa saja merusak nefron dalam ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.