Pentingnya Deteksi Dini Diabetes Kenali Gejalanya Sejak Dini

Pentingnya Deteksi Dini Diabetes, Kenali Gejalanya Sejak Dini

Deteksi diabetes tipe 1 pada anak biasanya baru terjadi setelah anak berusia 10 tahun atau saat usia sekolah. Penting untuk melakukan medical check up pada anak termasuk pemeriksaan gula darah, yang sayangnya masih jarang dilakukan. Medical check up juga penting untuk memantau berbagai penyakit yang dicurigai oleh orang tua jika anak memiliki gejala yang mencurigakan.

Beberapa kondisi yang disarankan untuk melakukan medical check up pada anak adalah jika anak sangat kurus, lebih pendek dari teman-temannya, atau memiliki perbedaan aktivitas seperti sering sesak dan kurang aktif. Jika tidak ada keluhan yang berbeda, pertumbuhan dan perkembangan anak bisa dipantau melalui buku KIA atau aplikasi Primaku dari IDAI.

Piprim menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan medical check up agar lebih terarah dalam mencari tahu masalah kesehatan anak. Selama tumbuh kembang anak sesuai dengan milestone yang normal, medical check up tidak terlalu diperlukan. Jadi, jangan ragu untuk memantau kesehatan anak Anda secara rutin agar dapat mengidentifikasi masalah kesehatan sedini mungkin.