Tanda Penyakit Ginjal Sudah Parah dan Harus Cuci Darah

Tanda Penyakit Ginjal Sudah Parah dan Harus Cuci Darah

Penyakit ginjal yang sudah parah atau berada pada stadium akhir disebut juga sebagai gagal ginjal, di mana organ tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Menurut Mayo Clinic, ginjal sehat berfungsi optimal untuk menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah, yang kemudian dibuang melalui urine. Ketika ginjal kehilangan kemampuan menyaringnya, kadar cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya dapat menumpuk di dalam tubuh. Dengan penyakit ginjal yang sudah parah, Anda mungkin memerlukan cuci darah agar tetap memiliki harapan hidup. Anda juga dapat memilih perawatan konservatif untuk mengelola gejala penyakit, dengan tujuan mendapatkan kualitas hidup terbaik di sisa hidup Anda.

Menurut National Kidney Foundation, gagal ginjal adalah akibat dari hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Beberapa orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit ginjal hingga mereka mengalami gagal ginjal. Hal ini karena orang dengan penyakit ginjal tahap awal mungkin tidak merasa sakit sama sekali. Penyakit ginjal yang sudah parah biasanya muncul kemudian.

Gejala penyakit ginjal yang sudah parah bisa bervariasi, mulai dari penurunan jumlah buang air kecil, kelelahan, hingga kulit kering dan gatal. Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Tes urine dan darah biasanya digunakan untuk memeriksa tanda-tanda penyakit ginjal yang sudah parah. Orang dengan gagal ginjal memiliki eGFR kurang dari 15 selama 3 bulan atau lebih.