Ini Tanda-tanda Tubuh Kamu Kurang Protein

Ini Tanda-tanda Tubuh Kamu Kurang Protein

Protein adalah nutrisi penting yang harus kita konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Tanpa cukup protein, tubuh akan merasakan perubahan dalam fungsi-fungsi tubuh. Tubuh manusia mengandung lebih dari 10.000 protein berbeda yang ditemukan dalam semua bagian tubuh, mulai dari rambut sampai tulang.

Menurut Prof. Rimbawan, Dewan Penasihat Nutiris Herbalife Indonesia, protein adalah komponen dasar kehidupan yang terdiri dari asam amino. Asam amino ini sangat penting bagi otot, kulit, tulang, jaringan, dan organ tubuh kita. Ketika kita mengonsumsi protein, tubuh memecahnya menjadi asam amino individual yang digunakan untuk membuat protein baru di seluruh tubuh.

Sayangnya, sebagian besar orang Indonesia masih kekurangan protein. Tanda utama ketika tubuh kekurangan protein antara lain rambut pecah-pecah, kuku rapuh, mudah lelah atau lapar, mudah jatuh sakit, perubahan mood atau kesulitan berpikir, dan otot terasa lemah.

Dalam sehari, orang dewasa sehat di atas 19 tahun disarankan mendapatkan asupan protein sebanyak 10-35 persen dari kalori harian. Sebagai contoh, seseorang yang mengonsumsi 2.000 kalori per hari perlu mengonsumsi antara 50 hingga 175 gram protein. Namun, orang yang mencoba membentuk otot membutuhkan protein lebih banyak.