Jenis Gula yang Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes Menurut Dokter

Jenis Gula yang Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes Menurut Dokter

Kalau kamu penderita diabetes, penting banget untuk memperhatikan jenis gula yang kamu konsumsi supaya nggak terjadi hiperglikemia, yaitu saat kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi. Lantas, gula apa yang oke buat diabetes? Dokter spesialis gizi klinik, dr. Rozana Nurfitri Yulia, M.Gizi, Sp.GK, bilang kamu harus cek dulu kadar glukosamu sebelum memilih jenis gula.

Kalau kadar gula darahmu tinggi, lebih baik pakai gula pengganti deh. “Yang penting diperhatikan dulu, apakah kamu diabetes atau nggak, dan seberapa tinggi gula darahmu. Kalau kamu diabetes, saya sarankan pakai gula pengganti aja. Tapi kalau nggak diabetes, maksimal 4 sendok makan gula biasa masih oke,” ujar Rozana, seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/9/2024).

Rozana juga bilang, gula yang umum digunakan biasanya adalah gula putih yang mengandung sukrosa. Untuk penderita diabetes, sukrosa masih boleh dikonsumsi tapi dalam jumlah yang terbatas. Bahaya sebenarnya ada pada sukrosa yang ditambahkan ke dalam minuman kemasan, yang bisa meningkatkan kadar asam urat.

Kalau soal gula yang oke untuk diabetes, Rozana menyebutkan gula pasir putih dan gula merah sama-sama mengandung sukrosa. Tapi gula merah punya mineral tambahan yang nggak ada di gula putih, jadi bisa membantu menghindari lonjakan gula darah yang drastis.