Makanan Anti-Pikun yang Bikin Otak Tetap Tajam Sampai Tua

Makanan Anti-Pikun yang Bikin Otak Tetap Tajam Sampai Tua

Makanan yang kita konsumsi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita, termasuk otak kita. Beberapa jenis makanan ternyata sangat baik untuk otak dan dapat membantu melindungi daya ingat dari proses penuaan. Menurut Health, ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan otak dan membantu mencegah pikun:

1. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran berwarna hijau gelap seperti kale, bayam, brokoli mengandung vitamin E dan folat yang baik. Folat dipercaya dapat membantu melindungi otak dengan cara menurunkan kadar homosistein dalam darah. Homosistein yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sel saraf di otak, dan folat membantu memecahnya. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan sayuran hijau gelap ke dalam pola makan sehari-hari, bisa dimasukkan ke smoothie, salad, atau sup.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E tinggi. Alpukat juga kaya akan vitamin C sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Kamu bisa makan alpukat langsung, membuat jus atau smoothie, atau menambahkannya ke roti lapis.

3. Salmon