Benarkah Jahe Bermanfaat untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Benarkah Jahe Bermanfaat untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi?

Berdasarkan Eating Well, jahe bekerja dengan melawan peradangan, yang sering berhubungan dengan resistensi insulin dan kadar gula darah tinggi. Jadi, insulin itu penting banget karena dia yang nganter glukosa ke sel tubuh buat jadi energi. Dengan menyeimbangkan peradangan lewat jahe, kita bisa bantu kontrol gula darah.

Banyak penelitian yang mendukung manfaat jahe ini. Misalnya, menurut Healthline, ada studi hewan dari 2014 yang menunjukkan kalau tikus obesitas yang menderita diabetes dan diberi campuran kayu manis dan jahe, mengalami banyak manfaat, seperti:

  • Berat badan turun
  • Massa lemak berkurang
  • Gula darah menurun
  • Kadar insulin meningkat

Lalu ada juga studi lain di 2015 yang menunjukkan kalau suplemen bubuk jahe bisa bantu perbaiki kadar gula darah puasa. Dalam penelitian itu, partisipan yang konsumsi dua gram jahe setiap hari selama 12 minggu, menunjukkan hasil yang positif. Manfaat ini berkaitan dengan penurunan kadar hemoglobin A1c (HbA1c), apolipoprotein B, apolipoprotein A-1, dan malondialdehid. Hemoglobin A1c ini penting karena menunjukkan kadar gula darah rata-rata selama dua hingga tiga bulan terakhir.