Pengguna Keluhkan Masalah iPhone 16 Series Sering Crash hingga Restart Sendiri

Pengguna Keluhkan Masalah iPhone 16 Series, Sering Crash hingga Restart Sendiri

Keluhan tentang iPhone 16 series kembali mencuat ke permukaan. Setelah sebelumnya layar iPhone 16 Pro dilaporkan tidak responsif, masalah baru kini muncul terkait iPhone 16 yang sering macet alias crash atau hang. Melalui forum online Reddit dan halaman diskusi Apple, sejumlah pengguna iPhone generasi baru itu mengeluhkan bahwa ponsel mereka menjadi lambat bahkan sering restart sendiri. Mereka melaporkan bahwa masalah itu muncul ketika iPhone 16 dalam mode standby atau digunakan, sistemnya tidak responsif. Masalah lainnya yang dikeluhkan pengguna iPhone 16 adalah baterai perangkat yang cepat habis terutama saat malam hari, serta ponsel yang sering panas berlebih (overheat). Padahal iPhone 16 series baru saja dirilis oleh Apple pada bulan September 2024 lalu.

Pengguna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max tampaknya menjadi yang paling terdampak. Beberapa pengguna iPhone 16 Pro bahkan mengalami ponsel macet hingga 20 kali sehari. Mereka kemudian menghubungi Apple untuk mendapatkan iPhone pengganti. Namun, masalah yang sama masih muncul bahkan di iPhone pengganti tersebut. Pantauan KompasTekno dari laman diskusi Apple menunjukkan bahwa berbagai masalah ini masih dikeluhkan oleh pengguna, di mana laporan tentang iPhone 16 Pro Max yang tidak responsif diunggah satu jam lalu oleh pengguna dengan akun “sherii999”.

Meskipun Apple sudah merilis pembaruan iOS 18.0.1 untuk mengatasi beberapa masalah tersebut, namun update tersebut belum sepenuhnya berhasil menyelesaikan masalah restart dan freeze di iPhone 16. Beberapa pengguna mencoba me-reset iPhone mereka dan memulihkan data lewat iCloud untuk mengatasi masalah yang diduga disebabkan oleh bug. Namun, percobaan ini tidak berhasil. Oleh karena itu, spekulasi menyebutkan bahwa kendala ini mungkin terkait dengan anomali iPhone 16 dengan iCloud, meski Apple sendiri belum memberikan konfirmasi terkait hal ini.

Sebagai solusi alternatif, pengguna yang terdampak bisa me-reset iPhone 16 mereka ke setelan pabrik tanpa melakukan backup data dari iCloud untuk mencegah masalah yang sama terjadi. Diwartakan sebelumnya, sejumlah pengguna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mengeluhkan layar ponsel yang bermasalah. Masalah ini terjadi tidak lama setelah peluncuran iPhone andalan Apple tersebut. Menurut laporan sejumlah pengguna di berbagai saluran termasuk forum diskusi Apple, layar iPhone 16 Pro tidak responsif saat disentuh, baik saat mengetuk layar, mengetik, atau mengusapnya.