Aktifkan Eye Tracking di iOS 18 untuk Kontrol iPhone

Aktifkan Eye Tracking di iOS 18 untuk Kontrol iPhone

Apple terus berupaya meningkatkan aksesibilitas iPhone untuk semua pengguna dengan berbagai fitur baru yang dihadirkan melalui iOS 18. Salah satunya adalah Eye Tracking, fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol iPhone hanya dengan gerakan mata. Selain itu, iOS 18 juga memperkenalkan fitur aksesibilitas lain seperti Music Haptics dan Vocal Shortcuts.

Untuk mengaktifkan fitur Eye Tracking, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone.
  2. Pilih Accesibility.
  3. Gulir ke bawah dan pilih opsi Eye Tracking.
  4. Aktifkan Eye Tracking dengan menggeser tombol ke kanan.
  5. Ikuti proses kalibrasi dengan mengikuti lingkaran berwarna yang bergerak di layar menggunakan mata pengguna.

Setelah selesai melakukan kalibrasi, fitur Dwell Control akan aktif secara otomatis. Pengguna juga bisa mengatur Eye Tracking dalam kondisi iPhone diletakkan di permukaan datar dengan jarak sekitar 45 cm dari wajah untuk hasil terbaik.

Dengan Eye Tracking aktif, pengguna dapat mengunci iPhone, kembali ke layar utama, serta menggunakan beberapa fitur lainnya. Ketika Eye Tracking aktif, pengguna akan melihat garis putih di sekitar tombol, aplikasi, atau area yang sedang dilihat. Untuk memilih sesuatu, pengguna tinggal menahan tatapannya di area yang diinginkan.

Selain fitur Eye Tracking, iOS 18 juga menawarkan Apple Intelligence dan kemampuan untuk mengubah ikon aplikasi serta menyesuaikan tema warna. Pengguna juga dapat membuka aplikasi langsung dari Lock Screen dengan mengganti fungsi shortcut yang ada.