Rahasia Hp China yang Rajai Pasar Ponsel RI

Rahasia Hp China yang Rajai Pasar Ponsel RI

Smartphone dari China menguasai pasar ponsel di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024, dengan Vivo menjadi yang teratas diikuti oleh Xiaomi dan Oppo. Menurut riset Counterpoint, pasar ponsel di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 4 persen Year on Year (YoY) pada Q1 2024. Para produsen ponsel juga gencar meluncurkan model-model baru untuk memenuhi permintaan selama bulan Ramadan. Hasilnya, pengiriman produk baru meningkat hingga 183 persen YoY.

Berbagai promo juga digelar secara online, termasuk untuk aksesoris ponsel. Persaingan di toko offline pun masih terjadi, dengan Oppo dan realme melakukan ekspansi area. Febriman Abdillah, Senior Analyst dari Counterpoint, menyatakan bahwa konsumen Indonesia cenderung meningkatkan pengeluaran mereka selama bulan Ramadan dan Idul Fitri, termasuk untuk membeli smartphone baru.

Vivo berhasil menduduki posisi teratas dengan market share sebesar 19,2 persen, meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya. Kontribusi utama datang dari seri Y, seperti Y100 dan Y03. Vivo juga berhasil menarik minat konsumen dengan promo di berbagai platform online dan kerjasama dengan fintech seperti Kredivo dan Spectra.

Xiaomi menempati posisi kedua dengan pertumbuhan yang signifikan sebesar 55 persen YoY. Model-model seperti Redmi Note 13, Redmi A3, Poco X6, X6 Pro, dan Xiaomi 14 menjadi kontributor utama dalam peningkatan pengiriman. Xiaomi juga berhasil memimpin dalam kelompok harga di bawah Rp3 juta dengan pangsa pasar sebesar 21 persen.