Penampakan Sisa Fosil Salah Satu Makhluk Tertua di Dunia dengan Bentuk Aneh

Penampakan Sisa Fosil Salah Satu Makhluk Tertua di Dunia dengan Bentuk Aneh

Pakar menemukan sisa fosil yang diduga salah satu makhluk tertua di Bumi dengan bentuk aneh. Wah, seru nih! Fosil ini ditemukan di Australia Selatan dan menunjukkan evolusi kehidupan awal di Bumi dengan bentuk unik, kemampuan bergerak, dan simetri tubuh yang memberikan petunjuk penting tentang hewan purba.

Pakar menyebut makhluk ini sebagai Quaestio simsonorum, organisme berbentuk bundar datar dan memiliki garis misterius berbentuk tanda tanya. Quaestio hidup sekitar 555 juta tahun lalu di Periode Ediacaran, sebuah periode penting dalam sejarah kehidupan saat kehidupan multiseluler yang kompleks pertama kali berevolusi.

Penemuan ini berkat kolaborasi antara ilmuwan Amerika Serikat dan ahli paleontologi dari Museum Australia Selatan. Mereka mengidentifikasi Quaestio sebagai hewan karena memiliki fitur sel-sel yang terorganisir kemampuan bergerak, dan tubuh yang terbagi menjadi dua sisi.

Mereka tidak hanya menemukan satu fosil, tapi lebih dari selusin dan lengkap dengan fosil jejak. Fosil jejak merupakan cetakan tubuh yang diawetkan selamanya dalam lapisan mikroalga dan bakteri yang kini telah menjadi batu.

Beberapa cetakan menunjukkan jejak yang sedikit bergeser dari tepi fosil yang lebih keras, menandakan bahwa makhluk ini termasuk hewan pertama yang mampu bergerak secara mandiri. Keren banget ya!