Bahaya Tersembunyi di Balik Cahaya Terang Malam Waspada Diabetes Tipe 2

Bahaya Tersembunyi di Balik Cahaya Terang Malam! Waspada Diabetes Tipe 2

Paparan cahaya lampu atau handphone di malam hari bisa bikin gangguan nih sama ritme tubuh kita. Baru-baru ini, ada studi yang menunjukkan bahwa cahaya buatan setelah tengah malam bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Studi tersebut melibatkan hampir 85.000 orang, usianya antara 40 dan 69 tahun, yang dipantau paparannya terhadap cahaya selama seminggu penuh. Hasilnya? Mereka yang terpapar cahaya antara jam 12.30 dini hari dan 6.00 dini hari punya risiko lebih tinggi untuk kena diabetes tipe 2.

Meskipun belum ada hubungan sebab dan akibat yang pasti, tapi paparan cahaya terang di malam hari bisa bikin metabolisme kita kacau. Orang-orang yang terpapar cahaya di malam hari lebih lama punya risiko 67 persen lebih tinggi untuk kena diabetes tipe 2. Bahkan setelah memperhitungkan pola tidur, hasilnya tetap sama. Jadi, ada kemungkinan ada mekanisme lain yang berperan.

Sebelumnya, penelitian juga menunjukkan bahwa cahaya buatan di malam hari bisa bikin resistensi insulin. Tapi, hasil penelitian yang baru ini lebih spesifik, fokus pada paparan cahaya di dalam ruangan. Paparan cahaya buatan di malam hari, baik dari lampu baca atau handphone, bisa bikin susah tidur. Meskipun pola dan durasi tidur sudah diperhitungkan, hasilnya tetap konsisten, menunjukkan adanya faktor lain yang berpengaruh.