Dua Astronaut NASA Terperangkap di Luar Angkasa Hingga 2025

Dua Astronaut NASA Terperangkap di Luar Angkasa Hingga 2025

Dua astronaut NASA, Butch Wilmore dan Sunita Williams, sedang menghadapi masalah besar di luar angkasa. Mereka terjebak di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) sejak Juni karena pesawat antariksa mereka mengalami berbagai masalah. NASA sedang mempertimbangkan opsi untuk mengembalikan pesawat ruang angkasa Starliner yang bermasalah ke Bumi tanpa kedua astronaut itu, yang berarti mereka bisa terjebak di ISS hingga tahun 2025.

Pesawat antariksa Boeing Starliner yang terdampar saat ini telah menunda misi Crew-9 SpaceX ke ISS, dan NASA sedang mempertimbangkan untuk membatalkan penerbangan kembali ke Bumi dengan awak pesawat tersebut karena masalah yang terus muncul. Penundaan tersebut telah menggeser jadwal peluncuran misi Crew-9 dari 18 Agustus menjadi tidak lebih awal dari 24 September.

Para astronaut Crew-9, yang seharusnya menggantikan Crew-8 di ISS, tidak dapat tiba di stasiun sampai pesawat Starliner meninggalkan modul Harmony yang mereka tempati. Masih belum ada tanggal pasti kepulangan bagi pesawat ruang angkasa Boeing atau para astronotnya yang telah berada di ISS selama berbulan-bulan.

NASA sedang mempertimbangkan apakah mereka harus mengirim Starliner ke Bumi tanpa awak dan membawa pulang para astronaut menggunakan pesawat SpaceX pada awal 2025. Namun, keputusan akhir masih harus diambil setelah pertimbangan yang matang.