Misteri Kota Hilang Terungkap Temuan 123 Simbol Maya

Misteri Kota Hilang Terungkap, Temuan 123 Simbol Maya

Penemuan lempengan batu besar yang diukir dengan 123 simbol di Cobá memang bikin heboh! Kota Maya kuno ini emang nggak main-main, ya. Nohoch Mul piramida yang tinggi banget jadi salah satu situs arkeologi penting dari peradaban Maya. Cobá sendiri udah ada sejak 50 SM lho, dan baru berhenti berfungsi sekitar tahun 1500 M. Wah, bisa bayangin nggak sih, dulu kota ini bisa punya populasi sampe 50.000 orang!

Lempengan batu yang ditemukan di dasar kolam suci itu juga bikin makin penasaran. Ukurannya aja udah 11 meter persegi, loh. Gede banget kan? Dan 123 simbol yang diukir dengan cermat di lempengan itu pasti ngasih banyak informasi berharga tentang sejarah dan budaya Maya yang mungkin sebelumnya belum diketahui.

Prasasti di lempengan itu nyebutin tentang pendirian kota Keh Witz Nal alias “Gunung Rusa” pada 12 Mei 569 M. Jadi, kita jadi tahu tanggal-tanggal penting dalam sejarah kota ini dan gimana hubungannya dengan Cobá. Ada juga nama K’awiil Ch’ak Chéen, seorang penguasa Maya yang sebelumnya nggak dikenal. Kayaknya dia punya hubungan penting dengan aspek keagamaan dan spiritual masyarakat Maya, deh.