Arkeolog Temukan Makam Kuno di Malaysia yang Berusia 16 Ribu Tahun

Arkeolog Temukan Makam Kuno di Malaysia yang Berusia 16 Ribu Tahun

Sebuah tim arkeolog menemukan makam kuno yang berisi kerangka dan artefak berusia ribuan tahun di gua-gua Lembah Nenggiri, Malaysia. Penemuan menarik ini terjadi ketika tim arkeolog Malaysia sedang melakukan penelitian sebelum gua-gua tersebut dibanjiri untuk pembangunan waduk hidroelektrik. Para arkeolog terkejut dengan temuan situs prasejarah yang menakjubkan di daerah terpencil Lembah Nenggiri, yang terletak sekitar 215 kilometer utara Kuala Lumpur.

Zuliskandar Ramli, seorang arkeolog dari Universitas Malaysia, memimpin penggalian di Lembah Nenggiri dan berhasil menemukan 16 kerangka manusia yang terkubur di dalam 13 gua kapur di empat lokasi berbeda. Sebagian besar kerangka tersebut berasal dari zaman pra-neolitik, dengan 15 kerangka terkubur dalam posisi menekuk yang menunjukkan usia penemuan tersebut. Namun, satu kerangka ditemukan dalam posisi lurus dan diperkirakan berasal dari zaman Neolitikum sekitar 6,000 tahun yang lalu.

Selain kerangka, tim arkeolog juga menemukan puluhan ribu artefak prasejarah di dalam gua-gua Lembah Nenggiri. Artefak tersebut terdiri dari alat-alat batu, ribuan tembikar, dan ornamen batu. Banyak artefak tersebut ditemukan bersama mayat, menunjukkan praktik penguburan pada masa itu yang melibatkan alat-alat batu, hematit atau badar besi, oker merah, dan kristal.