Planet yang Berpotensi Jatuhkan Bumi dengan Bulan dan Bintang

Para peneliti dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California Selatan baru-baru ini membuat penemuan menakjubkan! Mereka menemukan objek misterius yang mengorbit exoplanet bernama WASP-49 b, yang seukuran dengan planet Saturnus. Objek ini memiliki kekuatan vulkanik besar yang bisa menyemburkan gas dan bahkan menghancurkan benda-benda di sekitarnya.

Menurut laporan dari Wion News, para peneliti menemukan awan natrium yang mengelilingi WASP-49 b, menunjukkan adanya satelit alami atau exomoon yang mengorbit planet tersebut. Meskipun telah ada beberapa kandidat exomoon yang diidentifikasi sebelumnya, namun belum ada yang berhasil dikonfirmasi. Ahli mengatakan bahwa tanda-tanda aktivitas vulkanik dapat menjadi kunci untuk mengungkap keberadaan objek tersebut, karena objek tersebut terlalu kecil dan redup untuk terlihat dengan jelas menggunakan teleskop modern.

Para peneliti NASA menjelaskan bahwa seperti halnya Io, bulan paling vulkanik di tata surya kita, WASP-49 b juga memiliki aktivitas vulkanik yang cukup signifikan. Awan gas yang dihasilkan oleh aktivitas vulkanik ini mirip dengan yang terjadi di sekitar Jupiter. Awan tersebut terisi natrium dan bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada planet itu sendiri, menandakan bahwa awan tersebut merupakan benda terpisah yang mengorbit planet tersebut.