Arab Saudi Akan Siapkan Pesawat Jet Listrik untuk Membawa Jemaah

Arab Saudi Akan Siapkan Pesawat Jet Listrik untuk Membawa Jemaah

Maskapai penerbangan Arab Saudi, Saudia, telah mengumumkan kerjasama dengan perusahaan Jerman, Lilium, untuk menyediakan jet listrik yang akan digunakan untuk rute ke resor mewah baru dan kota suci Mekah. Menurut Razan Shaker, manajer komunikasi Saudia, perusahaan Jerman ini akan memasok pesawat untuk rute langsung di sepanjang pantai Laut Merah, serta membawa jemaah dari Jeddah ke Mekah.

“Kami sangat bersemangat dengan kerjasama ini, karena ini akan membantu menghubungkan lokasi dan kota yang sulit dijangkau,” ujar Razan kepada AFP. “Rencana kami termasuk membawa jemaah ke landmark terkenal seperti Menara Jam Kerajaan Fairmont Mekah, yang berdekatan dengan Masjidil Haram tempat kami sedang membangun helipad,” tambahnya.

Pada bulan Juli, Saudia mengumumkan bahwa mereka akan membeli 50 pesawat listrik lepas landas vertikal Lilium, dengan opsi untuk membeli 50 pesawat tambahan. Rencananya, Saudia akan mulai menggunakan jet-jet ini pada tahun 2026. Pesawat listrik Lilium dapat mengangkut empat hingga enam penumpang dan terbang dengan kecepatan 175 kilometer per jam.