Hati-hati dengan Orang yang Dekat di Facebook Ini Dia Ciri-cirinya

Hati-hati dengan Orang yang Dekat di Facebook! Ini Dia Ciri-cirinya

Modus penipuan cinta masih sering terjadi di Indonesia. Jadi, jangan mudah percaya dengan cerita cinta singkat dari orang asing di Facebook. Penipuan cinta atau romance scam adalah ketika seseorang membangun hubungan romantis atau rasa percaya untuk tujuan menipu. Mereka biasanya menggunakan identitas palsu, mulai dari nama hingga foto. Pada bulan September tahun lalu, 132 WNA China dideportasi dari Indonesia karena terlibat dalam penipuan cinta. Mereka melakukan panggilan video seks dengan korban dan menggunakannya untuk memeras uang.

Karena itu, mari kita kenali tanda-tanda penipuan cinta. Jangan sampai kamu atau orang terdekatmu menjadi korban. Berikut adalah daftarnya yang dirangkum dari Security National Bank:

Pelaku penipuan cinta biasanya akan mendekati korban dengan cepat menyatakan cinta. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi pribadi yang bisa digunakan untuk mencuri akunmu di internet, seperti akun email. Harus waspada jika seseorang meminta bantuan finansial, terutama jika baru saja kenal di internet. Contohnya, meminta uang untuk saudara yang sakit, pinjaman untuk bertemu, bisnis, pemakaman, atau sebagai anggota militer AS di luar negeri.