Emoji Pistol Asli Muncul Lagi Setelah Hilang 6 Tahun di Twitter

Emoji Pistol Asli Muncul Lagi Setelah Hilang 6 Tahun di Twitter

Platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) telah mengembalikan desain emoji pistol asli yang sebelumnya dihapus. Sejak tahun 2018, emoji pistol asli telah diganti dengan emoji pistol air atau mainan. Perubahan ini diumumkan oleh karyawan X dengan username “kache” pada Jumat (19/7/2024), hanya satu hari setelah Hari Emoji Sedunia berlangsung.

“Pembaruan telah diumumkan! Di situs web X.com, emoji pistol telah dikembalikan ke bentuk aslinya, yaitu pistol M1911,” tulis karyawan tersebut dalam postingnya. Posting tersebut juga dilengkapi dengan meme katak “Pepe the Frog” yang sedang memegang pistol. Karyawan dengan handle @yacineMTB kemudian membandingkan emoji pistol air yang sebelumnya digunakan X dengan emoji pistol M1911 yang kini digunakan. Emoji pistol air memiliki desain seperti mainan dengan warna hijau dan kuning, sementara emoji pistol M1911 menyerupai pistol sungguhan dengan warna abu-abu dan cokelat.

Menurut pantauan KompasTekno pada Sabtu (27/7/2024), emotikon baru ini sudah muncul di versi web X, meskipun namanya tetap “Water pistol” (Pistol air). Namun, versi mobile Twitter masih menampilkan emoji pistol air, bukan pistol sungguhan. Elon Musk, pemilik sekaligus mantan CEO X, mengatakan bahwa emoji tersebut akan segera muncul di versi mobile. “Emoji pistol sudah diperbaiki di versi web, dan akan segera diperbaiki dalam rendering di platform mobile,” tulis Musk melalui akun @elonmusk.