Instagram-Google Bisa Mendengarkan Obrolan Offline di HP

Instagram-Google Bisa Mendengarkan Obrolan ‘Offline’ di HP

Sebuah laporan telah mengonfirmasi kekhawatiran kita tentang kemampuan HP untuk mendengarkan pembicaraan kita. Ternyata, praktik ini benar adanya. Seringkali kita melihat barang atau layanan tertentu muncul ketika kita membuka aplikasi media sosial atau platform online lain di HP. Namun, beberapa produk tersebut ternyata telah kita bicarakan di dunia nyata.

Asumsi ini diperkuat oleh dokumen yang dikutip oleh 404 media. Dokumen tersebut berasal dari perusahaan bernama Cox Media Group (CMG) yang memiliki perangkat lunak untuk mendengarkan percakapan pengguna. Dalam dokumen tersebut terungkap bahwa perangkat lunak bernama Active Listening dapat mendengarkan percakapan pengguna ponsel secara langsung. Dari percakapan tersebut, para pengiklan dapat bergerak dan menargetkan iklan yang disesuaikan dengan konsumen.

“Pengiklan dapat memadukan data suara dengan data perilaku untuk menargetkan konsumen di pasar,” kata dokumen itu, seperti yang dikutip oleh Futurism. Meskipun tidak ada informasi mengenai bagaimana CMG mendapatkan data suara, namun laporan menyebutkan bahwa perusahaan dapat mengidentifikasi pengguna yang siap untuk membeli sesuatu dan membuat daftar iklan yang ditargetkan.

Laporan juga menyebutkan bahwa CMG adalah mitra dari perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Google, hingga Amazon. Namun, Futurism dan Gizmodo melaporkan bahwa mereka belum menerima tanggapan dari CMG terkait Active Listening.