15 Platform Media Sosial Teraman Ada Reddit Sampai Facebook

15 Platform Media Sosial Teraman, Ada Reddit Sampai Facebook

Perusahaan yang memiliki layanan penghapusan data pribadi, Incogni, baru saja merilis daftar media sosial yang dianggap paling aman. Mereka menilai keamanan berdasarkan bagaimana perusahaan mengelola data pribadi pengguna. Ternyata, dalam daftar tersebut, media sosial yang kurang populer justru menduduki posisi teratas dan dianggap memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Sementara itu, media sosial yang sangat populer seperti Facebook dan LinkedIn malah berada di peringkat terbawah.

Menurut Incogni, Facebook dan LinkedIn memiliki praktik penyimpanan data yang diragukan. Facebook, misalnya, dinilai memiliki perlindungan privasi yang lemah karena mereka menyimpan data pengguna hingga enam bulan setelah akun dihapus. Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa Facebook tidak cukup aman dalam menjaga data pribadi penggunanya.

Dalam penelitiannya, Incogni mempertimbangkan 14 kriteria termasuk jenis data yang dikumpulkan dan disimpan oleh media sosial, kontrol yang dimiliki pengguna atas data mereka, jumlah denda pemerintah, dan pelanggaran data yang dilakukan oleh perusahaan media sosial. Mereka juga melihat seberapa mudah pengguna dapat mengakses fitur-fitur tertentu seperti penghapusan akun.