Peneliti Sebut Gajah Purba atau Mammoth Berbulu Punah Karena Hidung Tersumbat

Jejak antibodi yang berkembang sebagai respons imun terhadap infeksi ditemukan pada mamut beku yang ditemukan di Siberia. Senyawa organik yang terkait dengan serbuk sari juga ditemukan, menunjukkan bahwa mamut kemungkinan menghirup udara yang mengandung serbuk sari. Para peneliti mengatakan bahwa kondisi ini seperti demam serbuk sari kuno dan memengaruhi kemampuan mereka untuk tumbuh subur. Selain itu, spesies tanaman baru bermunculan selama masa kepunahan mamut, yaitu periode pemanasan global, yang mungkin telah menyebabkan masalah pernapasan dan penciuman bagi hewan tersebut.

Dalam kesimpulan, alergi mungkin menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kepunahan mammoth berbulu. Perubahan iklim dan perburuan oleh manusia juga dianggap sebagai penyebab kepunahan, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa alergi juga memainkan peran penting dalam kepunahan ini. Semoga penemuan ini dapat memberikan wawasan baru tentang sejarah dan evolusi mammoth, serta memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya menjaga keberagaman hayati di planet kita.